Friday, August 18, 2017

Lombat Panjang Pinang Diajarkan Belanda Untuk Menertawai Pribumi. Bagaimana Pendapatmu?


Beritauniknegaraindonesia.blogspot.com - Asep Kambali, pendiri Komunitas Historia Indonesia (komunitashistoria.com), melakukan riset tentang asal mula panjat pinang digelar.

Dari hasil risetnya pada koleksi museum Tropen, Belanda, ia mendapati ternyata panjat pinang sebenarnya adalah adaptasi dari permainan serupa asal Belanda yang bernama "De Klimmast" yang berarti panjang tiang. Mereka mengadakan lomba panjat tiang sebagai hiburan pada perayaan-perayaan hari besar disana.

Foto-foto yang tersebar di internet tentang panjat pinang kuno diambil antara tahun 1917-an hingga kurun tahun 1930-an. Foto-foto itu pun kini dapat pembaca lihat dengan mudah di laman google.com karena memang era teknologi sudah canggih.

Penjajah Belanda memperkenalkan permainan ini di Tanah air. Namun berbeda dengan di negara asalnya, selama permainan ini di gelar tak satupun orang Belanda yang mau ikut bermain.

Mereka hanya tertawa-tawa melihat orang pribumi saling pijak berusaha merebut sekarung makanan dan pakaian yang digantung di pucuk pinang.

Di sinilah pribumi (kaum yang dijajah) dilecehkan. Orang-orang pribumi yang bersusah payah jatuh bangun memanjat tiang licin ini menjadi hiburan tersendiri bagi orang Belanda. Mereka memandang pribumi begitu lucu karena mau berebut untuk sesuatu yang bagi mereka tak berharga. (Sumber : Indonesia Bertauhid)

Berita Unik Negara Indonesia (BUNI) adalah sebuah blog yang menyajikan berbagai berita unik yang ada di Indonesia. Dibuatnya blog ini sebagai eksplorasi diri di tengah kesibukan hari-hari kerja. Setiap berita yang disajikan diambil dari berbagai sumber terpercaya.

1 komentar so far

"Kan asyik sampai ada yang mati lg." Naudzubillah.

Sejarah kelam ini harus dihilangkan dari budaya kita. Emang g' ada permaianan yang lebih asyik apa?...


EmoticonEmoticon